Jumat, 11 Maret 2011

Cara Mengurangi Spam dalam Inbox dan Meningkatkan Keamanan Email

Postingan saya berikut ini akan membahas tentang Spam, hal yang satu ini sangat menakutkan bagi pemakai email dan penyedian email. Spam adalah setara internet tentang junk mail. Spam didefinisikan sebagai pesan e-mail yang dikirim kepada orang-orang tanpa persetujuan atau izin. Alamat penerima sering dipanen dari posting Usenet atau aweb, yang diperoleh dari database, atau hanya menebak dengan menggunakan nama-nama umum dan domain.

Spam dikirim untuk mempromosikan hampir semua produk atau layanan mulai dari produk "Dewasa" untuk desain logo untuk website. Hal ini juga digunakan oleh hacker untuk menyebarkan virus atau link ke website berbahaya yang digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi Anda seperti informasi kartu kredit atau password untuk situs seperti Ebay atau PayPal. Untuk rata-rata pengguna pesan ini tampak seperti asli. Bahkan link memiliki nama domain asli mencari. Teknik ini dikenal sebagai "Phishing."

Berikut adalah beberapa strategi cerdas dan tips dapat digunakan untuk mulai mengurangi Spam dan meningkatkan keamanan email sebagai berikut :
- Mengkonfigurasi anti virus dan software  untuk secara otomatis memindai email yang masuk untuk virus. Email masih banyak digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak berbahaya. Pastikan kita menyimpan definisi perangkat lunak dan anti virus yang ter up to date.
- Jika Anda adalah seseorang yang sering sign up dengan "gratis" atau hal-hal lain di internet mulai  menggunakan account e-mail tenrpisah hanya untuk tujuan ini. Account dari penyedia seperti Yahoo, Hotmail, Gmail dan Google semua datang dengan penyimpanan murah sebagai standar.
- Jika situs tidak menerima alamat free e-mail dari layanan yang tercantum di atas kemudian menggunakan layanan email gratis pakai seperti Sneakemail - http://www.sneakemail.com.
- Jika ada posting email Anda ke blog atau website  kemudian mengirimkannya dengan cara yang hanya dikenali orang. Misalnya jika email Anda johndoe@hotmail.com kemudian kirimkan sebagai "johndoe di hotmail.com".
- Jangan membuka pesan dari alamat yang tidak  kenal dan selalu menghapusnya langsung. Hal ini terutama terjadi jika ada lampiran. Jangan membalas pesan karena hal ini hanya memastikan alamat email ini "hidup" ke spammer.
- Jika Anda mendapatkan pesan resmi terlihat dari bank  atau Ebay atau situs lain Anda tidak yakin asli di sini adalah apa yang Anda lakukan. Daripada mengklik link tertanam dalam log mail pada ke situs biasanya melalui browser. Jika ada masalah serius,  Anda harus mendapatkan pesan saat Anda log in. Atau menghubungi layanan pelanggan situs melalui telepon jika memungkinkan.
- Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak penyaringan spam standalone. Ini menganalisis software email Anda untuk karakteristik umum dari email spam termasuk kata-kata seperti "klik" atau "remaja." Hal ini juga membandingkan email pengirim  "Daftar teman." Coba Mailwasher gratis di sini - http://www.mailwasher.net.

Semoga bermanfaat untuk kita semua.